Senin, 14 Oktober 2024

Inovasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis TIK


 INOVASI PEMBELAJARAN
"PENSI SI BERTIK"
Pembelajaran Diferensiasi Asik Berbasis TIK

Praktik baik pembelajaran yang saya lakukan adalah dengan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan TIK dalam kegiatan pembelajaran. platform TIK yang saya gunakan diantaranya adalah PMM, Multimedia Pembelajaran Inovatif, Edugame, youtube, dan wordwall. 
Adapun materi pembelajaran yang saya ambil adalah Materi IPAS untuk Fase B kelas IV yaitu dengan Tujuan Pembelajaran menganalisis perubahan wujud zat.
Langkah-langkah:
1. Melakukan asesmen awal
    Sebelum merancang kegiatan pembelajaran, saya melakukan asesmen awal baik asesmen awal kognitif maupun non kognitif untuk mengetahui profil belajar murid yang meliputi minat, bakat, gaya belajar dan kemampuan awal siswa. saya juga menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yaitu pada bagian asesmen murid untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi awal siswa.
setelah melakukan asesmen awal kogniti dan non kognitif, saya menganalisis hasil asesmen dan memetakan hasil asesmen untuk merencanakan pembelajaran
2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai strategi dan media pembelajaran yang dipilih berdasarkan karakteristik serta profil belajar siswa.
    Kegiatan pembelajaran dengan Pensi Si BerTIK ini meliputi kegiatan:
a. Kolaborasi. Murid akan berkelompok sesuai kemampuannya berdasarkan hasil asesmen awal pembelajaran. Di dalam kelompoknya murid akan saling berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan yang disajikan. 
b. Pemberlajaran terdiferensiasi. Diferensiasi yang saya lakukan dalam pembelajaran ini meliputi diferensiasi Konten, Proses dan Produk. Diferensiasi Konten saya fasilitasi dengan menyediakan berbagai jenis sumber belajar berbasis TIK seperti MPI, Edugame, video pembelajaran, komik online, PMM, dan melengkapinya dengan pojok eksperimen yang bisa diakses dan dipilih oleh murid sesuai minatnya masing-masing. Diferensiasi Proses saya lakukan dengan memberikan instruksi yang berbeda dalam LKPD masing-masing kelompok sesuai dengan kemampuan murid. Sementara diferensiasi produk ditunjukkan dari presentasi hasil belajar murid yang berbeda antara kelompok satu dengan lainnya.
c. Integrasi TIK dalam Pembelajaran. Teknologi yang saya gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar murid diantaranya adalah video pembelajaran dari youtube dan PMM, MPI yang telah saya buat di level 3 kegiatan PembaTIK, edugame dari PMM, lagu dari PMM dan youtube, serta komik digital dari PMM. saya juga menggunakan wordwall untuk memberikan kuis kepada siswa.

Kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning berbasis TIK ini menumbuhkan motivasi belajar murid untuk lebih aktif dalam pembelajaran, murid mampu bekerjasama lebih baik dengan kelompoknya, menyajikan pengalaman belajar yang lebih menarik sehingga murid tidak merasa jenuh dalam pembelajaran.

Berikut ini video inovasi pembelajaran yang saya lakukan:



3 komentar:

  1. Saya Mendengar kegiatan yang di sampaikan beliau mengapresiasi apa yang telah saya lakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi sebagai seorang guru.
    Beliau sangat berharap bahwa apa yang telah dibuat yaitu materi-materi TIK dengan judul PenSi Si BerTIK benar-benar bisa meningkatkan kemampuan TIK khususnya dan juga menambah serta mempermudah pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.

    BalasHapus
  2. Keren sekali, ibu Reni Setya Rini.... Sangat menginspirasi dan membangkitkan semangat belajar untuk dapat mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran

    BalasHapus

VLOG PEMBATIK LEVEL 4

VLOG PEMBATIK LEVEL 4 BERBAGI DAN BERKOLABORASI Temanggung adalah sebuah wilayah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Temanggung...